KPU Pacitan Rencanakan Gelar Debat Terbuka 3 Kali, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan

Eko Setiawan, Komisioner KPU Kabupaten Pacitan 

GARDAJATIM.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan, memastikan akan mengadakan debat terbuka untuk pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pacitan pada Pilkada tahun 2024. Seperti yang sudah ramai di publik, kedua paslon tersebut adalah, Ronny Wahyono-Wahyu Saptono Hadi dan Indrata Nur Bayu Aji-Gagarin Sumrambah.

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut yang diselenggarakan oleh KPU Pacitan pada tanggal 23 September lalu, Paslon Ronny-Wahyu mendapatkan nomor urut 1, dan pasangan Aji-Gagarin mendapatkan nomor urut 2.

Debat merupakan sesuatu yang krusial dalam sebuah pemilihan, sekaligus sebagai sarana sosialisasi dan edukasi politik dalam mencerdaskan masyarakat.

Debat terbuka, dengan memaparkan visi misi dan adu gagasan dari kedua paslon tersebut, pemilih akan dapat menilai kualitas dan mempunyai gambaran terkait calon pemimpin yang akan dipilihnya tanggal 27 November 2024 nanti.

Menurut Eko Setiawan, Komisioner KPU Kabupaten Pacitan divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia mengatakan, bahwa debat rencananya akan dilakukan tiga kali.

Adapun terkait tanggal, lokasi, beserta ketentuan teknis debat terbuka saat ini masih dalam pembahasan. Tim sukses dari kedua paslon akan dilibatkan dalam pembahasan debat tersebut.  

"Debat direncanakan tanggal 19, dan akan dilaksanakan sebanyak 3 kali. Akan tetapi, nanti tergantung usulan masing-masing Paslon," terang Eko, saat dihubungi via Whatsapp. Sabtu malam (5/10/2024).

Media belum bisa mendapatkan informasi lebih lanjut, terkait mekanisme dan teknis yang lain. Apakah pada debat terbuka nanti akan diikuti oleh calon Bupati dan Wakil Bupati secara bersama-sama atau terpisah.


0/Post a Comment/Comments