Budi Sulistyono "Kanang" Resmi Dilantik sebagai Anggota DPR RI 2024-2029

Budi Sulistyono "Mbah Kung Kanang" resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029, Selasa (1/9/2024) Foto: Instagram @bs.kanang

GARDAJATIM.COM: Pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR RI periode 2024-2029 resmi digelar pada Selasa, 1 Oktober 2024, di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta. 

Sebanyak 580 wakil dari 8 partai politik dan 84 daerah pemilihan (dapil) kini resmi menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2023-2029. 

Salah satu legislator yang dilantik kemarin yaitu Budi Sulistyono, yang akrab disapa "Mbah Kung Kanang", ia resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029. 

Mantan Bupati Ngawi ini berhasil melaju ke Senayan setelah memperoleh suara signifikan dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Berdasarkan hasil pemilihan yang digelar pada Februari 2024 lalu, Kanang yang maju melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih total 115.425 suara. 

Perolehan suara tersebut memastikan langkahnya ke Senayan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Jawa Timur, khususnya di daerah pemilihannya.

Mengutip dari Temponews, visi misi yang dibawa Budi Sulistyono “Kanang” sebagai calon anggota DPR RI Pusat yang pertama adalah mewakili kepentingan rakyat, bukan hanya kepentingan partai. 

Ia menekankan pentingnya fokus pada kepentingan masyarakat, terutama di daerah Ngawi dan sekitarnya seperti Magetan, Ponorogo, Trenggalek, dan Pacitan. Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya garis linier yang kuat antara pemerintah daerah dan pusat. 

Menurutnya, pembangunan di daerah tidak bisa hanya mengandalkan pimpinan daerah seperti bupati, tetapi perlu adanya sinergi antara pemerintah daerah dan pusat. Dengan demikian, wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) tersebut bisa menjadi jembatan antara potret daerah dan pemerintah pusat, sehingga pembangunan dapat lebih tepat sasaran.

Sebagai politisi kawakan dengan pengalaman panjang di pemerintahan, Kanang diharapkan mampu memberikan kontribusi besar bagi kinerja DPR RI dalam lima tahun ke depan. 

Selama dua periode menjabat sebagai Bupati Ngawi, Kanang dikenal sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan masyarakat serta berkomitmen tinggi dalam pembangunan daerah. Kini, dengan amanah baru sebagai anggota legislatif, ia siap melanjutkan perjuangannya di kancah nasional.

Dengan dilantiknya Budi Sulistyono "Kanang" sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029, diharapkan aspirasi masyarakat Jawa Timur, khususnya Jatim VII (wilayah Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, dan Pacitan) dapat terwakili secara optimal di tingkat nasional. 

Pengalaman panjangnya sebagai Bupati Ngawi menjadi bekal penting dalam menjalankan tugasnya sebagai legislator. 

Keberhasilan Kanang dalam meraih kursi di Senayan menambah angin segar atau kekuatan Fraksi PDIP, yang semakin solid dalam memperjuangkan kebijakan pro-rakyat selama lima tahun mendatang. 

Kini, publik menantikan langkah nyata yang akan diambil Kanang untuk memastikan pembangunan yang lebih merata dan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan pusat dapat terwujud.


Oleh : Aisy
Editor: Redaksi

0/Post a Comment/Comments