Terkendala Anggaran, Kondisi GOR Pacitan Memprihatinkan

Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Pacitan tampak dari depan (Foto: Eko Purnomo)


GARDAJATIM.COM: Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Pacitan kondisinya memprihatinkan. Terlihat dengan jelas, atap gedung yang bolong dan rusak serta rangka atap yang berkarat. 


Selain terjadi di atap gedung, kerusakan terlihat juga di beberapa toilet yang tidak berfungsi dengan baik.


Pantauan dari tim gardajatim di lokasi, terlihat gedung olahraga (GOR) itu butuh perbaikan maksimal.


Apalagi saat ini ramai berbagai kegiatan tengah dilaksanakan di gedung tersebut. Seperti pada tanggal 15 dan 16 September kemarin,  ada kegiatan kejuaraan IPSI Cup 2024, kemudian dilanjutkan adanya kegiatan pertandingan bola voli antar OPD Pacitan.

Terlihat dengan jelas atap gedung yang bolong akibat kropos dan berkarat 

Arfandi, Salah satu warga yang juga datang ke GOR mengatakan, kondisi GOR itu sudah agak lama mengalami kerusakan. Meski dalam kondisi rusak, namun masih dapat digunakan untuk kegiatan berbagai olahraga.


"Ya lihat saja kondisinya sudah rusak seperti ini, tapi masih ada kegiatan berbagai olahraga juga. Sangat berbahaya, apalagi musim seperti sekarang, atap seringkali terangkat akibat hembusan angin yang kencang," Arfandi, Rabu (18/9/2024).

Kegiatan kejuaraan IPSI Cup 2024 di Gedung Olahraga (GOR) Pacitan 


Menanggapi hal itu, Herry Langgeng Sukmono, Kasi Kepemudaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kabid dan Kadis tentang perbaikan untuk Gedung Olahraga (GOR) tersebut.


"Rusak karena berkarat mas untuk penyangga dan atap atasnya. Kemarin sudah di bahas dengan bu Kabid dan pak Kadis tentang perbaikanya. Namun karena terkendala dengan anggaran pemeliharaan, belum bisa diperbaiki," ungkap Herry saat dihubungi via Whatsapp, Senin (16/9/2024).


Pihaknya mengaku, gedung yang di bangun sejak tahun 2013 ini baru direnovasi satu kali pada tahun 2022.


"Dulu itu tahun 2022 akhir kalau tidak salah sudah pernah diperbaiki, tapi ini sudah kropos lagi," tambahnya.


Mengingat pentingnya gedung ini sebagai pusat kegiatan olahraga di kabupaten Pacitan, masyarakat berharap gedung ini bisa segera diperbaiki.


Pewarta: Eko Purnomo

Editor: Wahyu Aji Putra



0/Post a Comment/Comments