Tanpa Lawan: Paslon Tunggal Ngawi Resmi Kantongi Nomor Urut di Pilkada 2024

Pengundian Nomor Urut Paslon, Mas Antok mendapatkan nomor urut 1. Sumber foto; Aisy

GARDAJATIM.COM: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ngawi tahun 2024 diwarnai dengan fenomena calon tunggal. Pasangan calon (paslon) tersebut secara resmi telah mengantongi nomor urut dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Paslon yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi pada Senin (23/9) yang bertempat di Kurnia Convention Hall, Ngawi. 

Dengan terpilihnya nomor urut, paslon tunggal ini siap melanjutkan tahapan kampanye untuk menghadapi Pilkada yang akan digelar di bulan November mendatang.

Pasangan Ony-Antok kembali dipastikan bertarung melawan kotak kosong dalam Pilkada Ngawi 2024. Setelah berkas pendaftaran mereka diterima pada 28 Agustus 2024, keduanya kemudian mengikuti tes kesehatan. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan serta seluruh berkas administrasi, pasangan ini dinyatakan memenuhi syarat untuk maju dalam pemilihan.

Dalam rapat pleno terbuka ini ikut hadir pula perwakilan dari parpol pengusul, mulai PDI Perjuangan, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PAN, Hanura, dan Partai Demokrat. 

Dwi Rianto Jatmiko atau kerap disapa Mas Antok sampai di Kurnia Convention Hall sekitar pukul 10.50 WIB dengan mengenakan kemeja batik dan bersongkok hitam. Sementara Calon Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono tidak bisa hadir langsung karena tengah melaksanakan ibadah umroh.
Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Samsu Mustakim. Sumber foto: Aisy

Ketua KPU Ngawi, Samsu Mustakim, menyatakan bahwa secara teknis, surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan mendatang akan menampilkan dua nomor urut. 

"Untuk surat suara tadi pengambilan nomor urut satu nanti di sebelah kanan dari surat suara atau dari sebelah kiri dari depan itu. Kemudian untuk sebelahnya kosong tidak bergambar,ada nomor urutnya yakni 2. Sekarang kan ada nomornya ada nomor satu nomor dua kalau nomor satu paslon berarti nanti nomor dua kertas kosong tidak bergambar jadi tetap ada nomornya," Ungkap Samsu.

Berbeda dengan Mas Antok, ia menjelaskan bahwa dengan adanya nomor urut, pasangan Ony-Antok telah resmi menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi 2024. 

"Hari ini kami menjalani tahap pengundian nomor urut, setelah sebelumnya ditetapkan sebagai Pasangan Calon. Kami bersyukur mendapatkan nomor urut 1," kata Mas Antok.

Kemudian ia menambahkan, pengundian nomor urut ini bertujuan untuk memudahkan pemilih dalam mengenali calon serta mempermudah proses sosialisasi, karena selain foto, pemilih juga bisa membedakan melalui nomor urut.

" Nomor berapa pun sebenarnya tidak ada masalah, karena konteksnya adalah pembeda antara yang satu dengan yang lain tapi syukur Alhamdulillah kami mendapatkan nomor satu mudah-mudahan ini menjadi barokah bagi kami dan untuk warga Kabupaten Ngawi,” Jelasnya dalam wawancara awak media (23/9).

Ketua Tim Kemenangan Ony-Antok, Feligia Agit. Sumber Foto : Aisy

Dalam rangka menyukseskan kampanye, Feligia Agit ditunjuk sebagai Ketua Tim Kemenangan Ony-Antok, Agit menyampaikan untuk bergerak bersama dengan partai pengusung semuanya 

"Setelah ini akan intens berkomunikasi untuk kegiatan selanjutnya, nah mungkin setelah tanggal 25 nanti calon bupati dan wakil bupati mengambil cuti, kami akan melakukan proses tahapan kampanye," ujarnya.


Lain hal, Feligia Agit menjelaskan bahwa strategi mereka adalah melibatkan seluruh partai dan komponen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024. Pendekatan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai elemen masyarakat agar semua dapat berkontribusi dalam proses pemilihan.

"Strategi yang pasti kita tetap melibatkan semua partai, komponen masyarakat semuanya untuk bergerak, tidak hanya kami tapi juga semua elemen masyarakat, untuk berperan aktif dalam pilkada 2024 ini," kata kader PDI Perjuangan itu.

Kemudian juga Agit menambahkan bahwa optimisme menjadi kunci dalam menetapkan target untuk pemilu mendatang.

"Kalau target kita selalu harus optimis, kalau yang sebelumnya 94,6 nah untuk target yang sekarang 95, yang penting kan progres lebih baik pada pemilu sebelumny," Imbuhnya.

Oleh : Aisy
Editor : Redaksi

0/Post a Comment/Comments