Ronny Siap Mundur Usai Mendaftarkan Diri Sebagai Bacabup, Angin Segar Untuk Warso

Foto: Suwarso, Caleg Partai Demokrat dapil 6 (Tulakan-Kebonagung)

GARDAJATIM.COM: Majunya Ronny Wahyono sebagai bakal calon Bupati (Bacabup) Pacitan, sepertinya membawa angin segar untuk Suwarso. 

Pasalnya, Suwarso yang pada pemilihan legislatif bulan Februari lalu itu tidak terpilih, karena jumlah suaranya kalah dari Caleg lain, kini ia sepertinya memperoleh kesempatan untuk menduduki kursi di DPRD Pacitan. 

Ia menempati urutan ke-enam dengan perolehan suara sebanyak 2.546 di dapil 6 (Tulakan-Kebonagung). 

Majunya Ronny Wahyono, yang baru saja dilantik sebagai anggota DPRD Pacitan pada tanggal 23 Agustus lalu itu, mengharuskan dia untuk merelakan kursinya kepada orang lain.

Ini sesuai PKPU RI nomor 9/2020 tentang Perubahan Keempat atas PKPU nomor 3/2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Yakni, dalam pasal 4 hurup t, yang berbunyi "anggota DPR, DPD dan DPRD wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sejak ditetapkan sebagai calon kepala daerah (cakada)".

Pengunduran diri ini harus dibuktikan dengan penyerahan dokumen paling lambat lima hari sejak penetapan pasangan calon (paslon). 

Sehingga posisinya di legislatif akan diberikan kepada calon anggota legislatif (caleg) lain dari partai politik (parpol) dan daerah pemilihan (dapil) yang sama. Yakni, dari Demokrat dari Daerah Pemilihan (Dapil) 6 (Tulakan-Kebonagung) melalui skema pergantian antar waktu (PAW). 

Selain itu, Ronny juga berpotensi kehilangan keanggotaanya sebagai kader Partai Demokrat.

Menurut Ketua Bapilu DPC Demokrat Pacitan Kristanto Waluyo, menerangkan bahwa sesuai dengan urutan suara nama Suwarso yang akan menggantikan Ronny Wahyono.

"Untuk penggantinya pak suwarso dari Tulakan, itu berdasarkan urutan suara. DPC akan rapat minggu depan,untuk memastikan siapa yg menjadi pengganti pak Ronny," terangnya saat dihubungi via Whatsapp oleh gardajatim.com, Minggu (01/09/2024).

Saat diminta keterangan terkait dengan keanggotaan Ronny di Partai Demokrat, ia mengatakan akan menunggu hasil rapat minggu depan.

"Terkait dengan keanggotaan pak Ronny sebagai kader Demokrat, juga akan diputuskan setelah rapat itu," pungkasnya.


Pewarta: Eko Purnomo 
Editor: Arga Narulata 

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM