Pasar Djadoel Kabupaten Ngawi: Sajikan Nostalgia dan Tradisi dalam Geliat Ekonomi Rakyat

Area Pasar Djadoel, Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Minggu(1/8/2024) Foto: Aisyatul

GARDAJATIM.COM: Tidak afdol kalau ke Ngawi tapi belum mampir ke Taman Wisata Tawun, tempat hits yang selalu jadi tujuan favorit buat healing tipis-tipis. 

Dengan suasana sejuk dan spot Instagramable, Taman Wisata Tawun jadi magnet bagi kaum milenial dan gen z yang lagi cari konten keren atau sekadar santai bareng teman.  

Nah, menariknya di Taman wisata ini ada event "Pasar Djadoel Ahad Legi" yang sudah menjadi destinasi wisata yang ditunggu-tunggu oleh warga lokal maupun luar daerah Kabupaten Ngawi.

Pasar Djadoel Ahad Legi ini, merupakan event yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi untuk mendorong perekonomian masyarakat Desa Tawun.

Event ini juga bekerjasama dengan karang taruna Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi.

Musisi lokal tampil di Pasar Djadoel. Foto: Aisyatul 

Agenda ini diadakan satu bulan sekali setiap Minggu pasaran legi. Dengan mengusung konsep jadul, mulai dari barang dagangan, desain lapak pedagang, hingga gaya berpakaian para pedagang.

Pasar Djadoel menghadirkan nuansa Djadoel yang kental. Para pedagang mengenakan pakaian tradisional Jawa seperti kebaya dan lurik, menambah kesan esentrik pada pasar ini, tak khayal ketika Minggu legi banyak pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata Tawun.

“Jumlah pengunjung yang datang saat acara berlangsung meningkat signifikan dibandingkan dengan hari Minggu biasanya. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap pasar ini. Pasar Djadoel Tawun dibuka setiap hari Minggu Legi dari pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB, menawarkan berbagai macam produk dan hiburan yang menarik untuk disuguhkan kepada pengunjung,” ungkap Pauji selaku panitia Pasar Djadoel Tawun.

Suasana pedesaan Jawa yang autentik begitu kental terasa di sini. Pengunjung dapat menjelajahi pasar dengan berjalan kaki, melintasi jalanan yang teduh di bawah rumpun bambu yang dihiasi dengan dekorasi tradisional. 

Sepanjang jalan aroma masakan khas Jawa yang menggugah selera menyebar, menambah kehangatan dan pesona pengalaman ini.

“Saya setiap Ahad Legi atau Pasar Djadoel hanya menjual dawet saja, tapi kalau Minggu biasa saya berjualan bakso dan mie ayam di bawah. Alhamdulillah dagangan hari ini laris," ungkap Juminten pedagang Pasar Djadoel.

Beragam kuliner masa lampau kita jumpai di Pasar Djadoel, seperti sate jamur, klepon, gethuk, dawet jenang ketan, nasi pecel , pentol khas Tawun dan jajanan jadul lainnya. Harga kuliner yang dijajakan relatif murah dari kisaran Rp.1000-Rp.15.000. 

Untuk berwisata di Taman Wisata Tawun cukup dengan parkir motor Rp.5000 dan biaya masuk wisata Rp.10,000 anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan ribuan bulus yang berada di taman wisata ini. 

Tertarik bukan untuk berkunjung kesini, yuk simak jadwal Pasar Djadoel bulan depan.

- 6 Oktober 2024

- 10 November 2024

- 15 Desember 2024


Pewarta: Aisyatul 

Editor: Arga Narulata 

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM