Baru Dilantik, F. Bagus Panuntun Mundur dari DPRD untuk Maju di Pilwalkot Madiun

F. Bagus Panuntun resmi ajukan surat pengunduran diri dari anggota DPRD Kota Madiun, Jumat (13/9/2024) . Foto: Istimewa

GARDAJATIM.COM: F. Bagus Panuntun, anggota DPRD Kota Madiun dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), resmi mengajukan surat pengunduran dirinya pada Jumat, 13 September 2024. 

Pengunduran diri ini hanya berselang beberapa hari setelah dilantik pada 26 Agustus 2024. 

Langkah tersebut diambil sebagai bagian dari persyaratan untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Madiun 2024, sesuai dengan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024.

Bagus Panuntun, secara resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Sekretariat DPRD Kota Madiun pada Jumat siang. 

Ia menyampaikan bahwa pengunduran diri ini merupakan langkah yang harus diambil demi memenuhi syarat dalam mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Madiun dalam Pilwalkot 2024 mendampingi Maidi, mantan Wali Kota Madiun.

“Jadi siang hari ini 13 September 2024, tepatnya hari Jumat jam 13.50, saya secara resmi mengajukan surat pengunduran diri dari DPRD Kota Madiun, karena ini menjadi salah satu persyaratan nanti untuk ikut kontestasi di Pemilukada 2024,” ungkapnya.

Proses Penggantian Antar Waktu (PAW) untuk menggantikan kursi Bagus di DPRD Kota Madiun sedang berlangsung di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI. 

Terkait siapa penggantinya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP dan ketentuan yang berlaku.

Calon legislatif (caleg) dari partai politik dan daerah pemilihan (dapil) yang sama, yang memperoleh suara sah lebih sedikit dibanding Bagus dalam Pileg 2024, berpeluang menggantikan posisinya. 

Fauzi Ghozali, dengan 125 suara sah, menjadi kandidat yang berpotensi untuk mengambil alih kursi tersebut.

Sementara itu, Kabag Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Kota Madiun, Budi Wibowo Santoso, juga mengonfirmasi bahwa surat pengunduran diri tersebut telah diterima dan akan segera diproses.

“Kami akan segera memprosesnya dan berkoordinasi dengan KPU untuk pengajuan PAW,” tambahnya.

Bagus Panuntun akan maju dalam Pilwalkot Madiun sebagai calon Wakil Wali Kota mendampingi Maidi.

Dengan latar belakang sebagai legislator muda, Bagus berharap dapat memberikan kontribusi lebih besar melalui peran di eksekutif, sekaligus melanjutkan program pembangunan yang telah dirintis Maidi sebelumnya. (Red)



0/Post a Comment/Comments