Upacara 17 Agustus Akan Dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara


Presiden Joko Widodo meninjau langsung lapangan upacara di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Foto: setneg.ri

GARDAJATIM.COM:Pemerintah merencanakan perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024, di dua tempat sekaligus yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. 

Namun demikian, Upacara pengibaran bendera merah putih hanya akan dilaksanakan di IKN.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan tata upacara militer berada di IKN, dimulai pukul 11 WITA, dengan menyesuaikan waktu Jakarta pukul 10.00 WIB, jadi acara di Jakarta akan mengikuti acara di IKN.

“Di Istana Jakarta adalah tambahan hiburan jadi nanti dikombinasikan teman-teman bisa melihat di media, di Jakarta dengan IKN tetap menyambung,” kata Heru di Gedung Kementerian Sekretariat Negara pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Sementara itu, keterangan dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) pada Jumat, 2 Agustus 2024, memastikan bahwa tidak ada penambahan jumlah Paskibraka untuk Jakarta. Sebab tata upacara militer hanya digelar di IKN.

Wakil Ketua BPIP Rima Agristina pada 15 Juli 2024, memastikan, bahwa pihaknya sudah menentukan 76 nama anggota Paskibraka Pusat 2024 untuk HUT RI ke-79. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya formasi Paskibraka 17- 8 - 45. Yaitu, 17 untuk Pengiring/Pemandu, 8 untuk Pembawa Bendera/Inti, dan 45 untuk Pengawal.

“Pasukan berangkat ke IKN 9-10 Agustus. Gladi di IKN dimulai sekitar tanggal 12 Agustus 2024,” kata Rima melalui keterangan tertulis.

Perayaan HUT RI tahun ini bertemakan ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’. 

Rangkaian sudah berlangsung sejak 1 Agustus 2024 dimulai dari Zikir dan Doa Kebangsaan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

Rencananya akan ada kirab bendera pusaka dan teks Proklamasi dari dari Monas menuju ke IKN pada 10 Agustus 2024. Bendera pusaka dan teks Proklamasi akan dibawa dari Monas oleh Paskibraka 2023.  

Tim IKN akan menyambut kedatangan bendera pusaka dan teks Proklamasi di bandara Balikpapan. Kedua benda pusaka itu akan dibawa ke ruangan khusus di Istana Negara IKN. (Arg)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM