Sosialisasi Bawaslu Kota Madiun: Peran Aktif Perempuan dalam Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024

Sosialisasi oleh Bawaslu Kota Madiun, Sabtu (31/8/2024) Foto: Istimewa

GARDAJATIM.COM: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun mengadakan Sosialisasi Peran Perempuan dalam Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Serentak 2024, Sabtu (31/8/2024), di Aston Hotel Madiun.

Acara dibuka oleh Komisioner Bawaslu Kota Madiun, Mohda Alfian, SP, dan dihadiri oleh sekitar 110 peserta dari berbagai lembaga, komunitas, dan akademisi. 

Narasumber dalam acara ini adalah Eka Rahmawati, S. Sos., Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Provinsi Jatim, dan Cahya Suryani, SIP, MA, dari Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

Mohda Alfian, SP, menjelaskan bahwa biasanya perempuan sering menjadi objek, tetapi sekarang mereka akan diberdayakan sebagai subyek dalam pengawasan partisipatif di setiap tahapan Pilkada Kota Madiun 2024.

Eka Rahmawati, S. Sos., Narasumber dari Bawaslu Provinsi Jatim. Foto: Istimewa

Eka Rahmawati, S. Sos., menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong perempuan tidak hanya sebagai pemilih, tetapi juga sebagai pengawas dalam setiap tahapan Pemilukada untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berlangsung secara demokratis dan bermartabat.

Menurut Eka, perempuan juga dapat berperan melalui organisasi mereka untuk mengawasi dan mendorong isu-isu politik calon kepala daerah, serta mewujudkan misi dan visi seperti pendidikan dan kesehatan setelah calon terpilih menjadi kepala daerah.

Pewarta: Arga Narulata 

0/Post a Comment/Comments