Komunitas Ranu Grindulu Bersama Masyarakat Desa Dan Santri Pondok Tremas Adakan Kegiatan Bersih Sungai Grindulu

Apel persiapan kegiatan bersih sungai Grindulu di desa Tremas Pacitan, Minggu (18/8/2024) 

GARDAJATIM.COM: Di tengah riuhnya perayaan HUT ke-79 RI, Komunitas Ranu Grindulu bersama masyarakat desa Tremas dan Santri Pondok Tremas, pagi ini adakan kegiatan bersih sungai dan anak sungai Grindulu.

Kegiatan yang juga melibatkan sejumlah instansi dan tokoh masyarakat ini, dilaksanakan pada hari Minggu (18/8/2024). 

Ketua komunitas Ranu Grindulu sebagai pemrakarsa kegiatan ini mengatakan bahwa, kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya, ia mengatakan bahwa tahun lalu kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan perayaan hari santri, tetapi untuk tahun ini dilaksanakan bersama dengan perayaan HUT ke-79 RI.

"Ini rutin dari kami komunitas Ranu Grindulu bekerja sama dengan pondok Tremas melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya, niatan kita dan teman-teman semua, karena disini banyak pemukiman dan padat penduduk sehingga dengan kegiatan ini supaya lingkungan tetap bersih," ujar Ketua komunitas Ranu Grindulu.

Gus Muad Haris Dimyati, salah satu pengasuh pondok Tremas mengapresiasi dan mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, para santri bisa lebih termotivasi untuk menjaga kebersihan serta para santri dan masyarakat bisa lebih terjaga kesehatanya dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut andil pada kegiatan pagi ini.

"Alhamdulillah pagi hari ini, perguruan Islam pondok Tremas Pacitan beserta seluruh masyarakat bisa mengadakan bakti sosial di momentum 17 Agustus, untuk memperingati kemerdekaan. Kegiatan ini sesuai apa yang diperintahkan nabi Muhammad SAW untuk selalu menjaga kebersihan," ungkap Gus Muad kepada gardajatim.com, Minggu (18/8/2024)

"Dan terimakasih juga untuk teman-teman dari BBWS Bengawan Solo, yang Alhamdulillah pagi ini juga bisa hadir bersinergi dengan kita semua. Semoga ini bisa menjadi berkah untuk kita semua," tambahnya.

Selain itu, Ika Yuni Aryani kepala UPT SDA PUPR Pacitan yang juga turut hadir memberikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan hari ini.

"Alhamdulillah kita semua dari dinas terkait, dari PUPR , dari pondok Tremas juga teman-teman BBWS Bengawan Solo bisa bersama-sama bersinergi untuk ikut membersihkan sungai Grindulu, terimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut andil pada kegiatan pagi ini," tutur Ika.

Sementara itu, kordinator tanggul dan sungai BBBWS Bengawan Solo wilayah OP3 Madiun, Nanang Ari Mustofa juga memberikan tanggapan terkait kegiatan tersebut.

"Kami mewakili BBWS Bengawan Solo, mengapresiasi yg setinggi-tingginya atas dilaksanakanya kegiatan bersih sungai grindulu oleh komunitas Ranu grindulu dan ponpes islam pondok Tremas, yg di dukung elemen lainya. Semoga kegiatan ini membawa barokah bagi masyarakat dan dapat di lakanakan secara berkesinambungan,kami siap bekerja sama dalam melestarikan dan memelihara sungai," pungkas Nanang. (Eko)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM