Gubernur Sulut Beserta Istri Terima Gelar Kehormatan Dari Karaton Surakarta Hadiningrat


Dari kiri (Istri Gubernur Sulut, Gubernur Sulut, SSISKS Pakoe Boewono XIII, GKR Pakoe Boewono, Putra Mahkota Karaton Surakarta, beberapa anak perempuan SSISKS Pakoe Boewono XIII)

GARDAJATIM.COM: Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kehormatan kepada Gubernur Sulawesi Utara Prof. dr. (HC) Olly Dondokambey, SE. beserta istri Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Senin (5/8/2024), malam.

Gelar tersebut diserahkan langsung oleh Raja Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat SSISKS Pakoe Boewono XIII beserta Permaisuri Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat GKR Pakoe Boewono di Sasana Handrawina.

Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kehormatan Kanjeng Pangeran Aryo kepada Prof. dr. (HC) Olly Dondokambey, SE., dan gelar Kanjeng Mas Ayu kepada Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan.

Acara penyerahan gelar tersebut diisi dengan penampilan 2 tarian dari Karaton Surakarta yaitu Srimpi Gondokusumo dan Blambangan Cakil yang dibawakan oleh penari dari Sriwedari dan RRI Surakarta. 

Kemudian juga disajikan penampilan musik keroncong dari Keroncongisasi, sebuah grup musik keroncong asal kota Surakarta.

Ditemui usai acara, Pengageng Parentah Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Adipati Drs. Dipokusumo M.Si. mengungkapkan, bagi siapa saja yang telah mendapatkan gelar dari Kkaraton Surakarta memiliki hak dan kewajiban terhadap Kraton Surakarta.

“Seperti aktif dalam mengikuti acara - acara Karaton, namun tanpa adanya paksaan mengingat setiap orang memiliki kewajiban dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menyatakan bahwa Gubernur Sulawesi Utara mendapatkan gelar kehormatan Kanjeng Pangeran Aryo.

“Beliau mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Aryo atau KPA, dari Sinuhun Pakoe Boewono XIII,” pungkasnya. (Arg)

0/Post a Comment/Comments