GRIB Jaya DPC Ponorogo Hadiri Glinggang Fest 8: Bupati Sugiri Sancoko Buka Acara Kirab Tumpeng

Tradisi Methik Padi di lakukan oleh PJ Kades Glinggang dan para Tokoh Masyarakat setempat.

GARDAJATIM.COM: Dalam rangka memperingati tradisi Methik tahunan, GRIB Jaya DPC Ponorogo menghadiri acara Glinggang Fest 8 yang diadakan di Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.

Acara ini juga menjadi ajang pelestarian budaya dengan digelarnya acara Methik Padi di persawahan bumi Glinggang, Jumat (16/8).

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, turut hadir dan secara resmi membuka acara kirab tumpeng yang menjadi salah satu rangkaian acara HUT RI ke-79.

Kirab ini dimulai dari Balai Desa Glinggang dan berakhir di area persawahan.

"Acara ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap hasil bumi, tetapi juga sebagai wujud kebersamaan dan rasa syukur masyarakat Desa Glinggang," ungkap Sugiri Sancoko dalam sambutannya.

Dalam acara ini, hadir sejumlah tokoh GRIB Jaya DPC Ponorogo termasuk Pembina GRIB Jaya DPC Ponorogo, Riyanto, Wakil Ketua, Didik Suwito, Sekretaris, Moh. Ansori, Bidang Kebudayaan, Purbo Sasongko, serta Bidang Satgas, Gusron Dimyati.

Hadirnya para tokoh ini menandakan komitmen GRIB Jaya dalam mendukung pelestarian budaya lokal.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini karena ini merupakan bagian dari upaya melestarikan kebudayaan sekaligus mempererat hubungan antarwarga,” ujar Riyanto, Pembina GRIB Jaya DPC Ponorogo.

Selain GRIB Jaya, acara ini juga dihadiri oleh jajaran Forkopimka Sampung dan dinas terkait yang turut memeriahkan acara Glinggang Fest 8.

Foto bersama (kiri-kanan) Riyanto, Moh. Ansori, Didik Suwito, Sugiri Sancoko, Purbo Sasongko.

Puncak acara Methik Padi ditandai dengan makan bersama ratusan tokoh masyarakat di tengah area persawahan, menciptakan momen kebersamaan yang kental dengan nilai-nilai tradisional.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Glinggang, Paras Paravirodhena mengatakan, Glinggang Fest 8 menjadi bukti nyata bagaimana tradisi dan budaya lokal tetap dijaga dan dilestarikan di tengah perkembangan zaman.

"Dengan dukungan berbagai pihak, acara ini diharapkan dapat terus berlangsung dan menjadi daya tarik wisata budaya di Kabupaten Ponorogo," tandasnya. (Fjr)

0/Post a Comment/Comments