Dinas PUPR Magetan Bangun SPAM Jaringan Perpipaan di Desa Garon, Tingkatkan Ketersediaan Air Bersih

Lokasi Pembangunan Peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Dusun Sambiroto Desa Garon Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan, Senin (19/8/2024) Foto: Gardajatim

GARDAJATIM.COM: Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, sekarang tengah membangun peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) jaringan perpipaan dari rumah ke rumah.

Tujuannya adalah meningkatkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat desa di wilayah Kabupaten Magetan, yang rawan air serta belum terjangkau saluran dari PDAM.

Salah satu Desa yang menerima pembangunan peningkatan SPAM adalah Dusun Sambiroto Desa Garon Kecamatan Kawedanan Magetan.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPR Magetan Rahmat Zainudin, menjelaskan bahwa penerima program SPAM diutamakan wilayah yang kesulitan air bersih ketika musim kemarau tiba.

“Kita anggarkan di Desa Garon karena berada di salah satu wilayah rawan akan kebutuhan air,“ ujar Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Magetan Rahmat Zainudin, Senin (19/8/2024).

Lanjutnya, pembangunan SPAM dan jaringan perpipaan ini diharapkan dapat meningkatkan akses air minum yang aman dan bersih bagi masyarakat Desa Garon, khususnya di Dusun Sambiroto.

“Semoga dengan SPAM ini memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air, selain itu juga memutus adanya Stunting dengan ketersediaan air yang bersih,“ harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Garon Andri mengungkapkan bahwa, proyek SPAM ini sangat membantu masyarakat di desanya, khususnya Dusun Sambiroto, yang mengalami kesulitan air bersih.

"Masyarakat dusun sambiroto ini mengalami kesulitan air bersih di saat musim kemarau tiba. Dikarenakan belum terjangkau PDAM serta banyak sumur-sumur masyarakat yang mengalami penyusutan debit air," ungkapnya.

Mewakili warganya, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Magetan serta berharap bantuan tersebut berkelanjutan meluas ke wilayah lain di desanya.

"Harapan kedepan kami bagi pemerintah desa garon agar program ini bisa berkelanjutan, mengingat masih banyak warga yang belum tercukupi kebutuhan air bersihnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kontraktor pelaksana proyek ini adalah CV Kurniawan dengan konsultan pengawas CV Karya Tuju Satu.

Proyek peningkatan SPAM Jaringan Perpipaan tersebut menelan anggaran sebesar Rp 637.290.000,00, masa pelaksanaan 120 hari kalender, terhitung sejak tanggal 30 Juli 2024. (Adv/Arg)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM