Dianpinru Ranting Kebonagung Siap Cetak Generasi Muda Menjadi Pemimpin Masa Depan

Apel pembukaan kegiatan Dianpinru ranting Kebonagung, Sabtu (24/8/2024) Foto: Eko Gardajatim

GARDAJATIM.COM: Kegiatan DIANPINRU Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kebonagung, dilaksanakan Selama dua hari, mulai hari Sabtu sampai Minggu (24-25 Agustus 2024), bertempat di ex UPT dan SDN 1 Purwoasri, Kebonagung. 

Kak Bambang Sumarno, M.Pd. panggilan rimbanya B. Pangalasan selaku ketua panitia penyelenggara menegaskan, bahwa kegiatan DIANPINRU sangat penting di laksanakan.

Karena, merupakan salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan khususnya penggunakan sistem beregu pasukan penggalang.

"Dalam setiap kegiatan kepramukaan harus melaksanakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Metode ini menggunakan metode ceramah, kegiatan dialam terbuka, diskusi, problem solving, dan pembuatan proyek," terang Bambang kepada gardajatim.com.

"Tujuan Dianpinru adalah membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap serta mendorong para pembina Pramuka dan pembantu pembina Pramuka menerapkan sistem Among dan sistem beregu sebaik-baiknya," tambahnya.

Peserta Dianpinru di ikuti sebanyak 10 Pangkakan Gugus depan Tingkat SMP/MTs se- Kwartir Ranting Kebonagung sejumlah 120 peserta.

Upacara pembukaan Dianpinru di buka secara langsung oleh Kak Sri Purwaningsih, S.Pd, M.Pd. selaku kepala Kwaran Kebonagung. 

"Kami mohon untuk selalu menjaga ketertiban, keamanan, dan kesehatan sehingga adik-adik dapat mengikuti materi, baik secara teori maupun praktek dari awal hingga akhir kegiatan nanti," pesan Sri kepada peserta.

Bambang Sumarno, M.Pd (kanan) dan Sri Purwaningsih, S.Pd, M.Pd (kiri)

Sebagai informasi, geladian Pimpinan Regu (DIANPINRU), merupakan sarana bagi para pembina Pramuka dan pembantu pembina Pramuka untuk menerapkan sistem Among, yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelola dan memimpin regunya. 

Agar supaya Pemimpin regu dan wakil Pemimpin regu dapat mengembangkan kepemimpinannya, dapat meningkatkan kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dalam teknik kepramukaan.


Serta menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban, sebagai pemimpin regu dan wakil pemimpin regu, yang semua itu diperlukan sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin regunya dan membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.


Pewarta: Eko Purnomo

Editor: Arga Narulata

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM