Paripurna Istimewa, 45 Anggota DPRD Magetan Resmi Dilantik

Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Magetan periode 2024-2029. (Foto: Istimewa)

GARDAJATIM.COM
: Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Paripurna Istimewa yang digelar di Gedung DPRD Magetan, Jumat (23/8/2024).

Pelantikan ini ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Magetan, disaksikan oleh sejumlah pejabat daerah, tokoh masyarakat, dan keluarga anggota DPRD yang dilantik.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 100.3.3.1/749/KPTS/011.2.20241 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Magetan untuk masa jabatan 2024-2029.

Dilansir dari ombmagetan.com, Ketua DPRD Magetan periode 2019-2024, Sujatno menyampaikan, bahwa paripurna ini merupakan lanjutan dari proses demokrasi yang berjalan dengan baik di Kabupaten Magetan.

Ia menekankan pentingnya peran anggota dewan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan mengawal jalannya pemerintahan daerah.

"Lima tahun berlalu begitu cepat, masih banyak aspirasi masyarakat yang belum bisa terlaksana secara maksimal. Saya berharap anggota DPRD yang baru dilantik dapat melanjutkan tugas ini dengan lebih baik," ujar Sujatno.

Di tempat yang sama, Pimpinan Sementara DPRD Magetan, Dwi Heruyanto, dalam sambutannya mengajak seluruh anggota dewan untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menekankan pentingnya komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif, serta dengan masyarakat.

"Kami mengajak semua komponen masyarakat untuk membangun komunikasi yang baik dalam membahas permasalahan masyarakat, sehingga kita bersama dapat menyelesaikannya," kata Dwi Heruyanto.

Pelantikan ini menandai dimulainya masa jabatan baru bagi anggota DPRD Magetan. Dari 45 anggota yang dilantik, PKB menjadi partai dengan jumlah kursi terbanyak dengan 8 orang, disusul PDIP dan Partai 

Gerindra masing-masing dengan 6 anggota. Sementara itu, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, dan PAN masing-masing memiliki 5 anggota. Partai Nasdem memperoleh 4 kursi, dan PPP mendapatkan 1 kursi.

Dengan dilantiknya anggota DPRD periode 2024-2029 ini, masyarakat Magetan diharapkan dapat merasakan perubahan positif melalui program-program yang akan dijalankan oleh para wakil rakyat yang baru.

Sinergi antara DPRD dan Pemkab Magetan diharapkan dapat membawa kabupaten ini menuju kemajuan yang lebih baik di masa mendatang.

Sumber: ombmagetan.com
Editor: Wahyu Aji Putra

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM