Wilujengan dan Caos Sesaji di Gunung Merapi, Tradisi Kiblat Sekawan Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Wilujengan Kiblat Sekawan di New Selo Gunung Merapi. Minggu (28/7/2024) Foto:IB

GARDAJATIM.COM: Rangkaian prosesi Hajad Dalem Wilujengan Kiblat Sekawan, Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali dilaksanakan. Kali ini, wilujengan berada di Gunung Merapi, New Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2024) siang.

Gunung Merapi ini merupakan lokasi ketiga setelah sebelumnya diadakan Wilujengan Kiblat Sekawan di Gunung Lawu dan Pantai Parangkusumo.

Wilujengan Kiblat Sekawan Gunung Merapi tersebut dipimpin langsung oleh Permaisuri Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat GKR Pakoe Boewono, seperti ketika prosesi wilujengan di Pantai Parangkusumo.

Hadir dalam acara tersebut, Putra Mahkota Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPAA Hamangkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram.

Didampingi oleh Pengageng Keputren GKR Alit, dan Pengageng Parentah Karaton Surakarta KGPH Adipati Drs. Dipokusumo M.Si.

Dan juga oleh, beberapa adik dari SSISKS Pakoe Boewono XIII, dan dua anak perempuan SSISKS Pakoe Boewono XIII yaitu GKR Timoer Rumbai dan GRAy. Ratih.

Pengageng Parentah Karaton Surakarta KGPH Adipati Drs. Dipokusumo M.Si. mengungkapkan bahwa wilujengan di Gunung Merapi memiliki tujuan untuk berdoa dan memohon keselamatan dan berkah, khususnya untuk Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di bulan Suro.

“Tujuan dari wilujengan ini adalah agar dari awal bulan Suro ini, Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat senantiasa dilimpahkan keselamatan, kesejahteraan dan berkah yang melimpah oleh Tuhan YME,” ungkapnya.

Setelah wilujengan (doa bersama) di aula New Selo, puluhan Abdi Dalem Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat melakukan kirab, mengarak sesaji dan ubo rampe menuju Gapura Pos 1 Pendakian Gunung Merapi.

Sebagai informasi, Kraton Surakarta melaksanakan Wilujengan dan Caos Sesaji Kiblat Sekawan di empat lokasi.

Lokasi yang merupakan empat penjuru, yakni Gunung Lawu (Arah Timur), Pantai Parangkusumo (Laut Selatan / Arah Selatan), Gunung Merapi (Arah Barat), Alas Krendowahono (Arah Utara). 

Ke empat lokasi tersebut dikeramatkan, karena diyakini bahwa berdirinya Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat didukung oleh keempat penjuru tersebut.

Berikutnya, pelaksanaan tradisi Wilujengan Kiblat Sekawan di lokasi terakhir bertempat di Alas Krendowahono, terjadwal akan dilaksanakan esok hari, Senin (29/7/2024), siang. (Arg)

0/Post a Comment/Comments