Skrining HIV/AIDS di Rutan Ponorogo, Ini Hasilnya

Para warga binaan Rutan Ponorogo tertib mengikuti skrining HIV/AIDS

GARDAJATIM.COM: Upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS), terus digalakkan oleh berbagai pihak, termasuk di lingkungan lembaga pemasyarakatan.

Salah satunya kegiatan skrining HIV/AIDS yang dilakukan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ponorogo, Kemenkumham Jawa Timur, Rabu (17/7/2024).

Kegiatan skrining ini diikuti oleh 90 warga binaan, dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, serta dihadiri oleh beberapa pejabat penting.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Rutan Ponorogo, Agus Imam Taufik, yang menekankan pentingnya kesadaran akan kesehatan di kalangan warga binaan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran warga binaan tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dalam mencegah penyebaran penyakit menular," ujar Agus Imam Taufik.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Lingkungan Dinas Kesehatan Ponorogo, Anik Setyorini, memberikan pengarahan tentang HIV/AIDS dan IMS serta pentingnya deteksi dini dan pencegahan.

"Pencegahan adalah langkah terbaik melindungi diri dari HIV/AIDS dan IMS. Dengan mengetahui status kesehatan masing-masing, kita bisa mengambil tindakan tepat untuk menjaga kesehatan," jelasnya.

Sementara itu, Azhar Farhani, Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan Ponorogo, mengapresiasi partisipasi warga binaan dan kerja sama Dinas Kesehatan Ponorogo. 

"Kegiatan ini penting untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan psikologis warga binaan. Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik," ujarnya.

Dari 90 warga binaan yang menjalani tes, semuanya dinyatakan negatif HIV/AIDS, hasil yang disambut dengan sukacita dan menjadi motivasi untuk terus menjaga kesehatan.

Dengan hasil positif dan dukungan berbagai pihak, kegiatan skrining ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkala demi kesehatan dan kesejahteraan warga binaan di Rutan Ponorogo. (Hms/Red)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM