Pemkab Madiun Bagikan Booth Container Kepada UMKM, Bantuan Berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Pj. Bupati Madiun Tontro Pahlawanto beserta Kepala Disperindagkop & Um, Saat Penyerahan Booth Container Kepada UMKM, Jumat (19/7/2024), (Foto:istimewa).

GARDAJATIM.COM: Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro membagikan 46 booth container kepada pelaku UMKM yang tersebar di wilayah Madiun.

Bantuan secara simbolis diberikan oleh Pj. Bupati Tontro Pahlawanto, didampingi oleh Kepala Disperindagkop & Um Indra Setyawan, beserta jajaran.

Bertempat di Kantor Disperindagkop dan Um Kabupaten Madiun, Jumat (19/07/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto menyampaikan bahwa, bantuan tersebut diambil dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT), sebagai upaya Pemkab Madiun dalam meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Madiun dalam upaya meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM, tentunya bantuan yang bersumber dari dana DBH CHT ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat penerima bantuan," jelas Tontro.

Selanjutnya, bantuan kepada pelaku UMKM yang bersumber dari DBH CHT ini diharapkan mampu juga menekan peredaraan rokok ilegal di wilayah Kabupaten Madiun.

"Harapan terbesar pemerintah tentunya masyarakat mampu memutus mata rantai peredaraan rokok tanpa cukai atau ilegal. Dengan bekal booth tersebut tentunya kami mengharap penerima manfaat bisa berperan bersama pemerintah dalam memerangi peredaran rokok tanpa cukai diwilayahnya masing-masing," ungkapnya.

Senada dengan hal diatas, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Erni Suryani menjelaskan bahwa, bantuan ini merupakan bentuk pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM.

"Bantuan ini merupakan bentuk tindak lanjut Pemkab Madiun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pelaku UMKM. Dimana para penerimanya yakni desa yang memiliki tempat wisata yang pelaku usahanya adalah masyarakat setempat," jelas Erni.

Ia menambahkan, bantuan ini terbagi menjadi dua tahap, pertama dengan jumlah total anggaran senilai Rp. 928 juta, yang bersumber dari DBH CHT tahun 2024.

Dengan adanya bantuan booth container ini, diharapakan dapat digunakan sebagaimana mestinya, guna meningkatkan perekonomian UMKM.

"Kami (Disperdagkom dan Um) secara rutin akan melakukan pengawasan kepada desa dan penerima bantuan," tandasnya. (Arg)


0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM