Karaton Surakarta Hadiningrat Ritual Kiblat Sekawan di Pantai Parangkusumo

Wilujengan Caos Sesaji Kiblat Sekawan di Pantai Parangkusumo. Rabu (17/7/2024) Foto:IB


GARDAJATIM.COM: Wilujengan Kiblat Sekawan adalah tradisi tahunan  Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dimulai dari Gunung Lawu, acara  wilujengan Kiblat Sekawan hari ini dilaksanakan di Pantai Parangkusumo, Kab. Bantul, DIY, Sabtu (27/07/2024).


Di Pantai Parangkusumo, ritual tradisi ini dipimpin langsung oleh Prameswari Dalem Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, GKR Pakoe Boewono.


Dihadiri pula oleh Putra Mahkota Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPAA Hamangkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram.

 

Kemudian, putri dari SSIKS Pakoe Boewono XIII Gray Putri Purnaningrum, Pengageng Keputren GKR Alit, Pengageng Parentah KGPH Adipati Drs. Dipokusumo M.Si., dan juga beberapa adik dari SSISKS Pakoe Boewono XIII.


Berlangsung dengan khidmat dan sakral, acara dimulai dengan wilujengan di Pendopo Kompleks Cepuri Parangkusumo, kemudian prosesi dilanjutkan dengan kirab, mengarak sesaji dan ubo rampe menuju bibir Pantai Parangkusumo.


Menempati urutan pertama dalam kirab tersebut adalah prajurit Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, diikuti oleh rombongan Abdi dalem  pembawa ubo rampe sesajen, yang akan dilarung di Pantai Parangkusumo.


Wilujengan kembali dilakukan di bibir pantai Parangkusumo sebelum akhirnya proses larung sesaji dilakukan.


Ditemui usai acara, Pengageng Parentah Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Adipati Drs. Dipokusumo M.Si. mengungkapkan, wilujengan di Parangkusumo ini merupakan tempat kedua dilakukannya wilujengan Kiblat Sekawan, setelah sebelumnya diadakan wilujengan di Gunung Lawu.


“Wilujengan hari ini adalah tempat kedua dari rangkaian wilujengan Kiblat Sekawan. Sebelumnya Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sudah melakukan wilujengan di Gunung Lawu pada 17 Juli lalu,” terangnya.


Sebagai informasi, empat lokasi yang disebutkan diatas merupakan lokasi yang dikeramatkan, karena diyakini bahwa berdirinya Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat didukung oleh keempat penjuru tersebut.(Arg)

0/Post a Comment/Comments