Kadisparpora Kabupaten Madiun Buka Pameran Pusaka di Pendopo Ronggo Jumeno

Pembukaan Pameran Pusaka Oleh Kadisparpora di Pendopo Ronggo Jumeno Madiun. (Foto: Arga)

GARDAJATIM.COM:
Pameran Pusaka secara resmi dibuka oleh Kepala Disparpora (Kadisparpora) Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono yang berlangsung di Pendopo Ronggo Jumeno, Kamis (11/7/2024) malam.

Mengusung tema "Keagungan Pusaka Naga Siluman", pameran pusaka ini menampilkan koleksi 39 pusaka langka, termasuk 2 koleksi dari Prabowo Subianto. 

Menurut Agung Guntoro Wisnu, Direktur LSP Perkerisan Indonesia, bahwa tema tersebut diambil karena pusaka naga siluman termasuk koleksi langka, istimewa dan kebetulan di tahun ini bertepatan dengan tahun "Naga" dalam kebudayaan cina.

"Menurut kebudayaan cina tahun ini adalah tahun naga, di masa mendekati pilkada, pesta demokrasi. Biasanya naga siluman penting dimiliki oleh calon atau tim sukses agar bisa bersaing di pilkada," tuturnya.

Peragaan tempa pusaka oleh Kadisparpora bersama Institut Seni Surakarta.

Sementara itu, Anang Sulistijono, Kadisparpora Kabupaten Madiun mengatakan, bahwa pameran ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Madiun ke-456.

Menurutnya, pameran ini sekaligus menjaga kelestarian budaya, sarana edukasi bagi generasi didik, dan tempat bertemunya para penggiat keris di wilayah kabupaten Madiun.

"Kita selaku bangsa besar tidak boleh meninggalkan sejarah, dan ini adalah bagian dari sejarah kita," katanya.

Melengkapi pameran tersebut diperagakan pula secara langsung proses penempaan pusaka oleh empu dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. (Adv/Arg)

0/Post a Comment/Comments