Hormati Leluhur, Inda Raya Ziarah Makam Reksogati

Ziarah Makam Reksogati di Desa Sidomulyo Kec. Sawahan Kabupaten Madiun. Senin (22/7/2024)

GARDAJATIM.COM: Desa Sidomulyo, sore ini kedatangan tamu istimewa, Ia adalah Indaraya Miko Saputri.  Mantan Wakil Walikota Madiun periode 2019 - 2024 ini berkunjung bersama keluarga dan rombongan untuk napak tilas sekaligus berziarah di Makam Ki Ageng Reksogati.

Rombongan Inda Raya disambut hangat oleh perangkat Desa Sidomulyo, Pemerhati budaya, serta pengurus Paguyuban Pemerhati Makam Ki Ageng Reksogati Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (22/7/2024) sore.

Setelah berdoa di makam Ki Ageng Reksogati, Inda Raya beserta suami R. Bagus Adhitama melakukan tabur bunga di pusara diikuti oleh rombongan yang lainnya.

"Ziarah ke makam Kiai Ageng Reksogati ini untuk mengenang dan menghormati beliau (Kiai Ageng Reksogati) sebagai leluhur, cikal bakal Kota dan Kabupaten Madiun,” tutur Inda Raya.

Disinggung mengenai apakah tujuan ziarah terkait minta doa restu pilkada. Inda Raya menegaskan, ziarah ke Makam Kiai Ageng Reksogati ini tidak ada tujuan politis.

“Ziarah ini untuk menghormati para leluhur, untuk nguri-uri tradisi,” tegas Inda Raya. “Tidak ada maksud-maksud politis,” imbuhnya.

Senada dengan itu, pemerhati budaya dan Sentono Dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Kp. Hariandri Winarso Wartonagoro menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Inda Raya adalah menghormati para leluhur dan pemimpin Madiun di masa lalu.

"Tanpa ada tendensi politik apapun, tentu saja ini sangat patut diapresiasi dan didukung. Terlebih lagi, Kanjeng Inda Raya adalah bagian dari keluarga besar Abdi Dalem Kraton Surakarta,” tambahnya.

Lanjutnya, Inda Raya memang seorang politikus, tapi apapun tentang beliau jangan selalu dikaitkan dengan politik. Beliau juga punya panggilan hati dan peran di luar politik.

Sebagai informasi, Inda Raya telah menerima gelar kebangsawanan “Kanjeng Mas Ayu Tumenggung” dari Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada bulan November 2023 lalu. 

Penganugerahan gelar tersebut pun diserahkan langsung oleh Raja Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, SISKS. Pakoe Boewono (PB) XIII, dan didampingi Prameswari Dalem GKR. Pakoe Boewono.

Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo H Margono menyampaikan terima kasih atas kedatangan Inda Raya beserta rombongan di tempat wisata religi unggulan desa tersebut.

"Kami ucapkan banyak terimakasih atas kerawuhan beliau , mudah-mudahan makam Reksogati ini semakin lama semakin ramai, banyak dikunjungi peziarah", tuturnya.

Tambahnya terkait fasilitas di Makam Reksogati, Pemerintah Sidomulyo sebenarnya sudah menyiapkan site plan untuk melengkapi sarana dan prasarana tempat ini, namun karena keterbatasan anggaran belum semua bisa terpenuhi.

"Belum seperti harapan kita, tapi Alhamdulillah atas kerjasama, kebersamaan dan gotong royong pemerintah desa dengan paguyuban Reksogati terwujud lah fasilitas sederhana cukup untuk kegiatan tawasulan, wisata religi," tutupnya.(Arg)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM