Infomedia Nusantara Catat Peningkatan Laba 30% Berkat Teknologi AI dan Analytics

Infomedia. Doc

GARDAJATIM.COM: Infomedia Nusantara, anak perusahaan Telkom Indonesia, mengumumkan kesuksesan penerapan teknologi otomatisasi, kecerdasan buatan (AI), dan analitik (3A) yang berhasil meningkatkan laba bersih perusahaan sebesar 30% pada tahun 2023.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 di The Telkom Hub, Jakarta, perusahaan juga melaporkan pencapaian pendapatan sebesar 122% dan EBITDA 109% dari target.

Dilansir dari Detikinet.com, Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, menjelaskan bahwa pencapaian ini didorong oleh pertumbuhan bisnis melalui manajemen hubungan pelanggan digital (digital CRM) dan operasi layanan berbagi digital (digital SSO) yang semakin baik.

"Kinerja Infomedia sepanjang tahun 2023 secara aktif merespon kebutuhan pasar melalui penerapan strategi dalam menciptakan produk dan teknologi yang inovatif untuk menambah value bagi pelanggan," ujar Eddy.

Penguatan kapabilitas digital melalui teknologi 3A telah meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Pertumbuhan interaksi pada kanal digital meningkat signifikan dengan digital CRM naik 28% dan transaksi digital SSO tumbuh 18% dibandingkan tahun sebelumnya.

Infomedia melihat peluang besar untuk mengakselerasi bisnis seiring meningkatnya adopsi digitalisasi oleh perusahaan-perusahaan lain, dengan proyeksi pasar industri BPO mencapai Rp 21 triliun pada tahun 2026.

Teknologi AI, otomatisasi, dan analitik menjadi fokus utama Infomedia dalam mengembangkan bisnis. Melalui pembangunan kapabilitas internal dan kemitraan strategis, perusahaan mampu mempercepat proses dan meningkatkan akurasi layanan pelanggan.

Penerapan AI Contact Center, misalnya, telah meningkatkan respon cepat pada perusahaan pelayanan publik dengan tingkat interaksi tinggi, mengurangi interaksi spam hingga 100%, dan meningkatkan produktivitas agen hingga 20%.

Selain itu, teknologi 3A memungkinkan pengurangan penggunaan kertas dan optimalisasi transportasi melalui pengelolaan proses bisnis digital.

Inovasi seperti Optical Character Recognition (OCR) berbasis AI melalui solusi Doc.AI telah mengotomatisasi proses ekstraksi data dan verifikasi dokumen, yang telah diterapkan dalam pengelolaan rekrutmen massal di perusahaan milik negara.

"Melalui jumlah SDM yang sama, jumlah trafik yang dikelola Infomedia dapat meningkat hingga 30%, dan penerapan teknologi ini juga berdampak positif pada lingkungan," tambah Eddy.

Dengan praktek rekrutmen massal, Infomedia memproyeksikan dampak lingkungan setara dengan pelestarian 4.991 pohon dan pengurangan emisi sebesar 3.195 ton melalui penghematan alat transportasi.

Infomedia berkomitmen untuk terus berinovasi dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, seiring dengan peningkatan layanan yang selaras dengan kebutuhan industri. **

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM