Dinas Pendidikan Ponorogo Lepas 420 Siswa Pendidikan Kesetaraan


GARDAJATIM.COM: Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo melepas 420 siswa Pendidikan Kesetaraan pada Selasa (25/6/2024).

Para siswa tersebut berasal dari 10 lembaga, terdiri dari satu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan sembilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Acara yang digelar di halaman Gedung Terpadu Ponorogo ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita.

"Kalian adalah orang-orang yang hebat. Jangan pernah putus asa, terus belajar dengan giat," ujar Wakil Bupati Lisdyarita dalam sambutannya.

Ia juga memberikan motivasi kepada ratusan peserta agar terus meningkatkan kualitas diri untuk dapat bersaing dengan lulusan sekolah formal.

"Semua mimpi dan cita-cita itu bisa diwujudkan asalkan mau belajar dengan keras dan disiplin," tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Nurhadi Hanuri menegaskan, bahwa pelepasan peserta didik Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C ini merupakan bukti kepedulian pemerintah dalam mengentaskan lama belajar.

Menurutnya, ini akan berdampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Ponorogo, sesuai dengan tema yang diangkat: "Pendidikan Kesetaraan Hebat, IPM Ponorogo Meningkat."

Nurhadi juga memastikan, bahwa semua kegiatan Pendidikan Kesetaraan ini gratis karena sudah dibiayai oleh pemerintah. 

Tahun ini, ada 10 lembaga yang berpartisipasi dalam program tersebut, yaitu SKB Ponorogo, PKBM Sekar Siwi, Karya Usaha, Madukoro, Karya Mandiri, Bina Bangsa, Asy Syarwani, Al Amin, dan Berkah Buana Hijau.

"Semoga ke depannya banyak bermunculan SKB dan PKBM baru, sehingga setiap kecamatan bisa memiliki lembaga serupa dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pendidikan kesetaraan," tutup Nurhadi. (Hms/red)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM