Mensos Risma Tinjau Pengungsian Aman dari Ancaman Lahar Dingin di Agam

Mensos Risma Tinjau dapur umum di pengungsian  Agam, Sumatera Barat. Doc

Gardajatim.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, meninjau lokasi pengungsian baru yang aman dari ancaman lahar dingin di lapangan bola Batu Taba, Kecamatan IV Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (20/5/2024) tengah malam.

Pada Selasa (21/5/2024) pagi, Mensos Risma kembali mengunjungi lokasi tersebut untuk memeriksa pelayanan kepada para pengungsi dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.

"Kami ingin memastikan kebutuhan para pengungsi terpenuhi," ujar Mensos Tri Rismaharini di lokasi pengungsian, sambil mengecek pelaksanaan dapur umum.

Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kemensos yang bertanggung jawab atas dapur umum menyediakan 3.300 nasi bungkus setiap hari untuk para pengungsi.

Selain menyediakan dapur umum, Kemensos juga membangun berbagai fasilitas tambahan di lokasi pengungsian, termasuk tenda untuk layanan psikososial, tenda untuk pelatihan vokasional, toilet portabel, tenda mushola, dan tenda pengungsian. 

"Lokasi pengungsian ini aman, karena tidak berada di jalur lahar dingin," kata Mensos Risma.

Sebelumnya, pada pekan lalu, Mensos Risma mengunjungi lokasi pengungsian dan meminta agar lokasi dipindahkan karena berada di jalur lahar dingin.

Keputusan ini diambil setelah Mensos Risma mencocokkan peta jalur lahar dingin Gunung Marapi yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM dengan lokasi pengungsian saat itu.

Tenda untuk layanan psikososial dari Kemensos RI.

Untuk menghindari risiko jatuhnya korban, Mensos Risma meminta lokasi pengungsian dipindah.

Lokasi pengungsian yang baru ini tidak hanya aman tetapi juga mudah diakses karena dekat dengan jalan lintas Sumatera. 

"Sekarang selain aman, tempat pengungsian ini juga nyaman karena berbagai fasilitas tersedia. Terima kasih Kemensos," kata Ny Nursima, salah seorang pengungsi.

Mensos Risma menegaskan pentingnya memastikan keamanan dan kenyamanan para pengungsi, serta komitmen pemerintah untuk terus memberikan dukungan yang diperlukan. (*/red)

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM