Mensos Risma Tinjau Pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu dan Masalah Akses Air di Waingapu

Mensos Risma Tinjau Pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu dan Masalah Akses Air di Waingapu. Doc

Gardajatim.com - Setelah mendarat di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu pukul 16.25 WITA, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini langsung menuju kediaman Niwa Lepir di Desa Pambotanjara, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. 

Kedatangan Mensos Risma pada Sabtu (18/4) ini bertujuan untuk meninjau progres pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) untuk Nenek Niwa dan mendengarkan keluhan warga setempat.

Mensos Risma dengan sabar berdialog dengan warga, mendengarkan satu per satu permasalahan yang mereka hadapi.

Salah satu isu utama yang disorot adalah sulitnya akses air bersih di wilayah tersebut. Mensos Risma meyakinkan warga bahwa Tuhan akan mencukupi kebutuhan air mereka, sembari berjanji akan mencari solusi dengan memanfaatkan teknologi untuk menemukan sumber air bersih.

"Kita harus percaya jika Tuhan menakdirkan kita hidup di suatu tempat, pasti Tuhan akan mencukupi segala sesuatunya, termasuk air. Maka bapak-ibu tidak perlu khawatir," kata Mensos Risma kepada Nenek Niwa yang mengeluhkan kesulitan air di sekitar rumahnya.

Mensos Risma menjelaskan bahwa tim dari Kementerian Sosial akan menggunakan alat khusus untuk mendeteksi sumber air.

"Kami menggunakan alat untuk memeriksa sumber air, jika ada sumber air maka alatnya akan bergetar. Nanti akan kami gali dan kami uji apakah layak pakai atau tidak," jelasnya.

Mensos juga mencontohkan daerah lain seperti Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Gunung Kidul yang telah berhasil mendapatkan akses air bersih berkat bantuan dari Kementerian Sosial.

Mensos Risma menekankan pentingnya akses air bersih untuk mengurangi tingginya angka pengidap kusta dan penyandang disabilitas di daerah tersebut.

"Kenapa masalah kusta tinggi, karena air bersih tidak ada. Maka timbul kusta, timbul penyakit kurang gizi. Jika kandungan kapur tinggi pada air yang dikonsumsi masyarakat, maka bisa merusak otak. Maka harus dicek dulu kandungan airnya, bisa dipakai atau tidak," ungkapnya.

Kunjungan Mensos Risma ini merupakan kunjungan keduanya dalam sebulan setelah kunjungannya pada 2 hingga 3 Mei 2024 lalu.

Selain meninjau progres pembangunan RST, Mensos Risma juga mengawasi pelaksanaan bakti sosial. Bantuan diberikan kepada eks pengidap kusta berupa alat kebersihan diri, sembako, dan nutrisi. 

Pemeriksaan kesehatan dan terapi juga dilakukan dalam kegiatan baksos tersebut. Mensos Risma turut menyerahkan bantuan berupa kaki palsu dan ternak ayam petelur kepada penerima manfaat di Panti Asuhan Bakti Luhur Waingapu.

Kunjungan ini menegaskan komitmen Kementerian Sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah-wilayah terpencil dan memastikan mereka mendapatkan akses terhadap kebutuhan dasar seperti air bersih. (Hms/Red)

0/Post a Comment/Comments