Menpora tutup 1st FOBI World Barongsai Championship 2024, Harapkan Kejuaraan Berlanjut

Menpora tutup 1st FOBI World Barongsai Championship 2024. Doc

Gardajatim.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo resmi menutup 1st FOBI World Barongsai Championship 2024 di Mahaka Square, Jakarta, Minggu (19/5/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Dito juga menyerahkan piala kepada para pemenang. 

Menpora Dito menyatakan harapannya agar kejuaraan dunia barongsai ini dapat terus dilanjutkan di Indonesia.

"Saya berharap kejuaraan ini bisa terus berlanjut untuk mencari atlet terbaik yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," ujar Menpora Dito.

Kejuaraan yang berlangsung dari 17-19 Mei ini diikuti oleh 10 negara.

Menpora Dito mengapresiasi Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) atas penyelenggaraan yang sukses.

"FOBI telah berkontribusi nyata bagi kemajuan olahraga barongsai di Indonesia. Ini merupakan prestasi luar biasa yang akan menjadi pola pembinaan olahraga barongsai," katanya.

Sebagai tuan rumah, Indonesia memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan kebudayaan dan potensi wisata kepada negara-negara peserta, mendukung peningkatan sport tourism, serta menggerakkan perekonomian nasional.

"Kejuaraan ini memberikan pengalaman berharga dalam pembinaan olahraga, mengembangkan bakat, dan membentuk karakter generasi muda yang berprestasi," jelas Menpora Dito.

Menpora juga menambahkan, bahwa barongsai akan dipertandingkan di PON Aceh-Sumut tahun ini, menjadikannya pertama kali dalam sejarah olahraga Indonesia.

"Ini adalah prestasi yang membanggakan," tambahnya.

Dalam kejuaraan ini, Indonesia meraih juara pertama pada dua kategori, yaitu Piala Presiden dan Piala Menhan, sementara Piala Menpora dimenangkan oleh tim dari China. (Hms/Red)

0/Post a Comment/Comments