Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Award SPBE Summit 2024

Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Award SPBE Summit 2024. Ist

GARDAJATIM.COM: Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menorehkan prestasi dengan meraih Digital Government Award dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024.

Kemenkumham dinobatkan sebagai yang terbaik dalam kategori Kementerian atas penerapan SPBE sepanjang tahun 2023. Penghargaan ini diumumkan pada acara SPBE Summit 2024 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (27/05/2024).

Penghargaan ini menjadi yang kedua bagi Kemenkumham setelah sebelumnya meraih penghargaan serupa pada SPBE Summit 2023.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, menyatakan bahwa Kemenkumham telah menerapkan pelayanan publik berbasis digital guna memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan yang tersedia.

“Masyarakat lebih mudah mengakses pelayanan di Kemenkumham. Pelayanan tidak lagi terbatas pada ruang kantor, tetapi bisa dimanfaatkan di mana saja masyarakat berada. Cukup dengan handphone dan akses internet,” ujar Andap.

Andap menjelaskan, Kemenkumham telah menyediakan berbagai pelayanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk aplikasi paspor, pendaftaran dan pencatatan kekayaan intelektual, konsultasi hukum, pengaduan HAM, layanan administrasi hukum umum, dan pelayanan pemasyarakatan.

Kemenkumham terus meningkatkan delapan aspek SPBE, yakni kualitas kebijakan internal, perencanaan strategis, sistem TIK, inovasi dan aplikasi, manajemen SPBE, audit TIK, layanan publik elektronik, dan layanan administrasi pemerintahan elektronik.

Indeks SPBE Kemenkumham menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, dengan nilai 3,18 pada tahun 2019, meningkat menjadi 3,68 pada tahun 2021, dan terbaru mencapai 4,21 pada tahun 2024 dengan predikat “Memuaskan”.

Bahkan, Kemenkumham mencatat nilai maksimum 5,00 poin pada aspek layanan publik berbasis elektronik dan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

“Teknologi digital terus berkembang. Karena itu Kemenkumham juga terus memperbaiki berbagai aspek pelayanan digital agar masyarakat semakin nyaman dan percaya terhadap pelayanan Kemenkumham,” tambah Andap.

Kesuksesan Kemenkumham meraih penghargaan dua tahun berturut-turut ini, menurut Andap, tidak lepas dari komitmen pimpinan, khususnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, serta kolaborasi antar unit kerja. Andap berkomitmen mengawal SPBE Kemenkumham menjadi lebih berkualitas.

“Kesuksesan Kemenkumham meraih penghargaan DGA dua tahun berturut-turut tidak lepas dari komitmen pimpinan, khususnya Menkumham, dan kolaborasi seluruh unit kerja untuk terus meningkatkan kepuasan layanan publik melalui optimalisasi penyelenggaraan SPBE sehingga layanan Kemenkumham menjadi lebih cepat, mudah diakses, dan lebih transparan,” jelas Andap.

DGA merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) yang telah menyelenggarakan SPBE. Pada tahun 2024, penghargaan ini diberikan kepada 65 dari 621 IPPD.**

0/Post a Comment/Comments

GARDA JATIM
GARDA JATIM