Dukung PMI Atasi Stok Darah, Ini yang Dilakukan Kodim 0802/Ponorogo

Dukung PMI Atasi Stok Darah, Ini yang Dilakukan Kodim 0802/Ponorogo. Doc

Gardajatim.com - Dalam upaya mendukung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo untuk mengatasi penurunan stok darah yang signifikan, Kodim 0802/Ponorogo telah melaksanakan aksi donor darah, di Gedung Unit Donor Darah PMI setempat di Jl. Dr. Soetomo No. 9, Kota Ponorogo, Senin (06/05/2024).

Sebanyak 48 anggota Kodim 0802/Ponorogo, termasuk prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dari Makodim dan Koramil jajaran, berpartisipasi dalam kegiatan yang juga melibatkan kerja sama dengan Poskes 05.09.05 Ponorogo.

Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono menyatakan, bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari kontribusi Kodim dalam membantu PMI mengisi kembali stok darah yang saat ini sangat dibutuhkan.

"Kebutuhan bulanan darah di PMI mencapai sekitar 1600 kantong, dan saat ini mengalami penurunan drastis, diduga akibat bertambahnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)," katanya.

Letkol Inf Dwi Soerjono juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata, tidak hanya bagi masyarakat yang memerlukan transfusi darah tetapi juga bagi para pendonor.

"Semoga ini benar-benar membantu saudara kita khususnya mereka yang membutuhkan bantuan transfusi darah. Termasuk bagi pendonor sendiri disamping merupakan kegiatan yang sangat mulia, dengan rutin mendonorkan darahnya Insyaallah tubuh akan tetap sehat dan bugar," jelasnya.

Dari aksi donor darah yang dilakukan, berhasil terkumpul 41 kantong darah. Sementara itu, beberapa anggota tidak dapat mendonorkan darahnya karena alasan kesehatan, seperti tekanan darah yang tidak memenuhi syarat yang ditetapkan. (MdC0802/Red)

0/Post a Comment/Comments