Magetan Bersatu Lawan Polio dengan Imunisasi Massal

Pemkab Magetan berikan Imunisasi Polio kepada balita. (Foto: Kominfo Magetan)

Gardajatim.com - Sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit polio yang menyerang anak-anak, Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar sub pekan imunisasi nasional polio putaran pertama di Kelurahan Selosari, Senin (15/2/2024). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan balita yang didampingi oleh orang tua dan guru mereka.

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen atau kematian.

Penyakit ini dapat menular melalui air, makanan, atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Meskipun tidak ada obat untuk polio, penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Magetan, Rohmad Hidayat mengatakan, bahwa imunisasi polio ini merupakan bagian dari Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang serentak digelar di seluruh wilayah Jawa Timur.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada satu pun anak di Magetan yang terkena polio. Kami juga mengimbau kepada orang tua untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi yang hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan pesan yang sama.

Ia mengajak seluruh masyarakat Magetan untuk bersama-sama mensukseskan PIN dan melindungi anak-anak dari polio.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memberikan perlindungan terbaik bagi generasi penerus bangsa. Ayo, berikan imunisasi polio kepada anak-anak kita, agar mereka tumbuh sehat dan cerdas,” ujarnya.

Acara imunisasi polio ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti pentas seni, permainan edukatif, dan pemberian hadiah.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Magetan, Kepala OPD terkait, Forkopimca Magetan, dan masyarakat Kelurahan Selosari. (Mnl)

0/Post a Comment/Comments